Lipstik sepertinya sudah menjadi perlengkapan kecantikan pokok bagi wanita. Selain bisa membuat senyuman menjadi lebih menawan, lipstik juga berguna melindungi dan menjaga kelembapan bibir.

Wanita yang kerap memperhatikan penampilan, biasanya tidak akan lupa membawa lipstik di dalam tasnya. Coba tengok isi tas Anda, apakah Anda termasuk yang selalu menjaga penampilan?

Ketimbang bolak balik mengoleskan lipstik setiap saat agar terus tampil menawan, akan lebih baik jika Anda menggunakan lipstik waterproof yang lebih tahan lama dan tidak mudah terhapus—untuk mendukung keseharian Anda.

Dibandingkan dengan jenis lipstik biasa, lipstik waterproof terbukti lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Lipstik jenis ini bahkan bisa digunakan untuk segala situasi, termasuk saat berolahraga atau berenang. Namun demikian, sebelum mulai memulas bibir cantik Anda dengan lipstik waterproof, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan lima hal penting berikut ini:

Ulaskan lipstik dengan hati-hati

Perlu diketahui bahwa lipstik jenis ini akan melekat kuat begitu disapukan pada bibir. Untuk itu Anda harus lebih teliti dan berhati-hati saat mengoleskannya. Sapukan secara tipis dan merata untuk mendapatkan kesan warna yang lebih baik.

Jika lipstik yang Anda sapukan keluar dari garis bibir, jangan menghapusnya dengan menggosok permukaan kulit secara langsung. Pakailah cairan khusus pembersih make-up dengan cara diusap perlahan.

Lakukan cara yang sama—dengan make remover—jika Anda ingin menghapus keseluruhan lipstik agar benar-benar bersih dan warnanya tidak tertinggal. Membersihkannya tanpa pembersih khusus—apalagi jika diusap terlalu keras, dapat membuat bibir menjadi kering.

Make-up pendamping bagi lipstik waterproof

Untuk mendapatkan hasil terbaik, beberapa ahli kecantikan menyarankan agar penggunaan lipstik waterproof didampingi dengan produk make-up lain.

Seperti halnya alas bedak yang bisa membuat sapuan bedak terlihat lebih sempurna, lipstik waterproof juga memerlukan sapuan dasar terlebih dahulu agar lebih tahan lama dan nyaman saat digunakan.

Sebelum memoleskan lipstik waterproof, Anda sebaiknya menggunakan lip balm atau alas lipstik jenis lain. Hal ini dilakukan agar kelembapan bibir tetap terjaga.

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai sifat lipstik waterproof yang melekat dan terasa lengket di bibir, Anda bisa menyiasatinya dengan membubuhkan alas bedak pada bibir sebelum pemakaian. Usapkan dengan jari telunjuk secara tipis dan merata agar hasil akhir riasan Anda tidak terlihat terlalu tebal.

Jangan menggunakan lipstik waterproof dalam jangka waktu lama

Lipstik waterproof lebih banyak dipilih karena sifatnya yang tahan lama dan warnanya yang tidak mudah luntur. Namun, terlepas dari kelebihannya tersebut, lipstik jenis ini sebenarnya tidak boleh terlalu lama melekat pada bibir Anda.

Seluruh jenis produk tata rias yang berlabel “waterproof” berisiko membuat folikel dan permukaan kulit menjadi kering jika digunakan terlalu lama. Hal ini juga berlaku pada lipstik. Penggunaan lipstik waterproof dalam jangka waktu lama cenderung membuat bibir Anda kehilangan kelembapannya.

Untuk menghindari bibir kering akibat penggunaan lipstik jenis ini, segera hapus lipstik begitu Anda tidak lagi memerlukan riasan wajah. Jangan pernah membiarkan lipstik melekat lama pada bibir, apalagi sampai dibawa tidur.

Lipstik waterproof untuk bibir kering dan sensitif

Anda yang memiliki jenis bibir kering dan sensitif perlu memperhatikan penggunaan lipstik waterproof. Jenis lipstik matte tidak dianjurkan bagi bibir Anda yang kering dan mudah pecah-pecah. Pilihlah lipstik glossy yang bisa membantu melembapkan bibir Anda.

Bagi yang memiliki kulit bibir sensitif, pilihlah produk lipstik yang terbuat dari bahan-bahan alami karena kandungannya cenderung lebih aman. Dengan lipstick berbahan dasar alami, Anda bisa terlihat cantik tanpa perlu khawatir terkena alergi.

 

Alternatif lain bagi lipstik waterproof

Jika ingin mencari variasi atau alternatif lain dari lipstik waterproof, Anda bisa memakai lip gloss atau lip stain.Meski tidak setahan lama lipstik waterproof, baik lip gloss maupun lip stain bisa membuat bibir Anda selalu terlihat lembap sekaligus memberikan rona bibir yang terkesan alami.

Lip stain yang berbahan natural juga bisa Anda gunakan dengan jangka waktu lebih lama karena kandungannya tidak berbahaya.

Itulah lima hal penting yang perlu diketahui tentang lipstik waterproof. Dengan memakai lipstik jenis ini, Anda tentu tak perlu khawatir riasan akan memudar saat berenang atau berolahraga. Anda pun tak perlu takut meninggalkan noda lipstik di bibir gelas saat menikmati minuman bersama teman atau kolega.

Namun sekali lagi, kenali lebih dulu jenis bibir Anda dan pahami cara pemakaian yang tepat dari setiap produk kecantikan bibir yang Anda pilih. Dengan mengetahui berbagai informasi tentang lipstik waterproof yang akan digunakan, Anda tidak hanya akan terlihat cantik, tetapi juga lebih bijak dalam berias. Semoga bermanfaat!