Lipstik merupakan senjata utama untuk mempercantik penampilan para wanita. Pilihan lipstik dengan warna dan tekstur yang tepat untuk kegiatan sehari-hari atau acara khusus Anda tentunya akan menambah kepercayaan diri. Namun, Anda juga perlu mengenali jenis dan bentuk bibir serta struktur wajah sebelum memutuskan untuk membelinya.

Tidak semua orang pantas memakai satu warna lipstik, begitu pula tidak semua orang pantas memakai satu tekstur lipstik. Salah memilih tekstur lipstik menyebabkan masalah pada bibir Anda seperti bibir kering dan pecah-pecah. Tentunya Anda harus pandai dan cermat dalam memilih merek dan tekstur lipstik yang sesuai dengan jenis bibir.

Sejatinya fungsi lipstik tidak hanya memberi warna pada bibir tetapi juga merawatnya dengan cara menghaluskan dan melembapkan bibir. Bagi Anda pengguna lipstik matte dalam aktivitas sehari-hari, lampu kuning bagi Anda karena jenis lipstik ini bisa mengurangi kelembapan bibir. Jika dibiarkan tanpa perawatan, kurangnya kelembapan pada bibir bisa membuat kulit kering, pecah-pecah, dan merusak penampilan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Nah, jika Anda mengalami masalah tersebut, maka sudah waktunya Anda memikirkan perawatan bibir demi menjaga kelembapannya, salah satunya adalah dengan menggunakan lipstik untuk bibir kering. Berikut adalah tiga hal sederhana yang bisa Anda lakukan dengan lipstik untuk menjaga bibir tetap ternutrisi:

Pilih Lipstik yang Mengandung Bahan-Bahan Alami

Pastikan Anda telah memiliki lipstik dengan kandungan vitamin E, minyak zaitun, atau cocoa butter. Ini adalah kriteria pertama yang harus ada pada produk lipstik untuk bibir kering. Lipstik-lipstik yang mengandung bahan-bahan di atas termasuk lipstik yang berbahan alami dan kalaupun ada kandungan zat kimianya hanya sedikit. Memang tidaklah mudah untuk mendapatkan lipstik berbahan alami seperti di atas, tetapi pastinya tersedia di pasar.

Bila Anda kesulitan mendapatkan lipstik berbahan alami seperti di atas, pilih lipstik yang mengandung zat pelembab bernama mild hidroxy. Selain berguna untuk melembapkan, zat tersebut berguna untuk membuat bibir terlihat lebih alami.

Kemudian, gunakan lipstik untuk bibir kering yang tidak mengandung alkohol dan mentol. Kedua bahan tersebut, meskipun berfungsi untuk membuat lipstik tahan lama menempel di bibir, justru akan membuat bibir mudah kering. Anda tentu tidak ingin bibir berkurang kelembapannya, kan? Apalagi, sentuhan alkohol pada bibir mampu membuatnya tipis, mengelupas, dan perih. Meski demikian, beberapa produsen menggunakan alkohol sebagai unsur tambahan saja dalam pelembap bibir (lip balm). Nah, jika kandungan alkoholnya hanya sedikit tak mengapa.

Solusi lainnya, Anda bisa mengulaskan lip balm sebelum mengulas lipstik ke bibir. Selain menjaga hidrasi tubuh, bibir perlu dilembapkan dengan lip balm. Gunakan lip balm sebelum mengoles lipstik atau Anda bisa hanya menggunakan lip balm sebagai perawatan dasar untuk bibir. Pilihlah jenis lip balm yang sesuai dengan bibir, karena lip balm yang tak tepat justru membuat bibir kering.

 

Aplikasikan Sebanyak Dua Kali Ulasan

Bagi Anda yang menginginkan hasil lipstik yang sempurna, merata dan menyala, memulas lipstik pada bibir tidak cukup hanya sekali. Bisa dua hingga tiga kali guna mendapat hasil yang bagus. Namun, tahukah Anda cara seperti ini juga bisa melembapkan bibir?

Supaya bibir terhidrasi, pastikan bahwa Anda memulas lipstik sebanyak dua kali pada bibir. Pulasan ini akan memberi efek tebal bagi warna pada bibir dan juga berfungsi melembapkan.

Tentunya Anda harus cermat melihat merek dan juga jenis lipstik yang digunakan. Beberapa lipstik untuk bibir kering tidak memerlukan beberapa kali ulasan pada bibir tetapi sudah menghasilkan efek tebal dan melembapkan bibir, sehingga bibir tidak berat atau penuh dengan lipstik.

Gunakan Make-up Remover untuk Menyeka Bibir

Tidak banyak yang tahu bahwa fungsi pembersih kosmetik (make up remover) dalam membersihkan lipstik pada bibir yaitu menjaga kelembapan bibir dan membuatnya tetap terhidrasi dalam waktu yang lama. Berbeda saat menyeka/membersihkan lipstik dengan air biasa, menggunakan make up remover tidak menyebabkan hilangnya zat-zat yang melembapkan bibir pada lipstik.

Kebanyakan lipstik dengan warna terang kaya akan pigmen yang cenderung menempel pada bibir. Sebaiknya gunakan pembersih riasan yang diformulasi khusus untuk area kulit bibir agar sisa lipstik terangkat sempurna tanpa merusak atau membuat bibir terasa kering, seperti make up remover.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah seperti Anda mengaplikasikan make-up remover untuk menghapus sisa riasan di wajah. Cukup sediakan kapas atau bila Anda ingin lebih berhati-hati lagi, gunakan cotton bud untuk membersihkan bagian bibir dengan make up remover. Dengan begitu, Anda bisa menghapus warna lipstik tanpa membuatnya kering.

Tidak semua lipstik dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah saat diaplikasikan. Tentunya Anda harus cermat memilih lipstik untuk bibir kering dengan kandungan yang tepat demi menjaga bibir tetap terhidrasi.