jenis-jenis lipstik dan cara penggunaannya - GLOU Cosmetics

Hampir semua wanita gemar menggunakan lipstik. Alih-alih asal-asalan membeli lipstik, lebih baik ketahui dulu jenis-jenis lipstik yang sering dijumpai di pasaran kosmetik tanah air. Dengan begitu, Anda dapat memilih lipstik yang tepat untuk kondisi bibir Anda, Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jenis-jenis lipstik beserta cara pemakaiannya.

Jenis-Jenis Lipstik Menurut Hasil Riset Kami

Lipstik Satin

Lipstik satin cocok untuk Anda yang punya masalah dengan bibir kering dan mudah pecah-pecah. Pasalnya, lipstik jenis ini dapat melembapkan sekaligus menyehatkan bibir Anda, serta membuatnya tampak berkilau dan glossy. Karena mengandung banyak pelembap di dalamnya, lipstik satin akan terlihat lebih gelap di kemasan daripada saat dioleskan di bibir.

Lipstik satin juga mengandung bahan minyak yang tinggi. Kandungan minyak inilah yang membuatnya mudah terhapus jika bersentuhan dengan objek seperti makanan dan minuman. Untuk mengatasi hal tersebut, rajin-rajinlah mengoleskan kembali lipstik satin setelah Anda selesai makan, atau ketika lipstiknya mulai terhapus.

Sheer Lipstick

Sama seperti lipstik satin, sheer lipstick juga memiliki tekstur yang lembut dan dapat melembapkan sekaligus menyehatkan bibir. Mengandung bahan pelembap yang tinggi, lipstik ini tak ubahnya seperti produk lip balm.

Sayangnya,  lipstik jenis ini tidak mempunyai daya pigmentasi yang kuat. Ketika diaplikasikan pada bibir, warna sheer lipstick tidak dapat menutupi keseluruhan warna bibir alami, melainkan hanya menyamarkan dan menambah sedikit rona.

Jika Anda ingin penampilan sempurna dengan sheer lipstick, cobalah mengkreasikan make up ala wanita Korea yang pada umumnya menyukai tampilan cerah bercahaya daripada matte. Anda juga bisa mengaplikasikan sheer lipstick sebelum menggunakan lipstik matte. Apabila Anda tidak ingin memakai lipstik matte, tidak perlu menambahkan apa pun pada penggunaan sheer lipstick untuk menciptakan kesan yang natural.

Lipstik Matte

Lipstik bertekstur matte merupakan satu-satunya jenis lipstik yang tidak mudah terhapus karena sifatnya yang kering dan lengket pada bibir. Bisa dibilang, matte termasuk ke dalam jenis lipstik tahan lama.

Akhir-akhir ini, lipstik matte banyak diproduksi dalam bentuk cair (liquid) yang membuatnya semakin mudah dioleskan pada bibir. Namun, kekurangan utama lipstik matte yakni dapat membuat bibir kering sehingga mengakibatkan bibir pecah-pecah. Selain itu, garis-garis bibir juga akan tampak semakin jelas ketika Anda menggunakan lipstik matte.

Mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda terlebih dulu mengoleskan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Atau Anda bisa memilih lipstik matte yang mengandung pelembab di dalamnya yang sesuai dengan kondisi bibir Anda.
Pilihlah warna yang tepat sesuai ukuran dan bentuk bibir. Lipstick matte berwarna gelap dapat menimbulkan efek bibir yang terlihat kecil.

Liptreat dari GLOU cosmetics mempunyai karakteristik seperti lipstik matte. Akan tetapi GLOU liptreat mempunyai kelembaban lebih dibandingkan lipstik matte pada umumnya sehingga tidak akan membuat bibir kering.

Glossy Lipstick

Glossy lipstick adalah pilihan yang tepat untuk meraih tampilan bibir yang penuh dan padat, karena efek kemilau dan segar yang dihasilkan. Meski kelihatan basah dan berminyak, bukan berarti glossy lipstick mengandung pelembap yang tinggi. Anda tetap perlu mengoleskan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik jenis ini agar bibir terasa halus dan tidak kering.

Creamy Lipstick

Creamy lipstick bertekstur sangat nyaman di bibir dan mampu menghasilkan warna yang intens dengan efek basah. Aplikasikan creamy lipstick dengan bantuan kuas setelah pulasan lip liner berwarna senada. Jika Anda ingin menjadikan creamy lipstick seperti tampilan lipstik matte, tempelkan dan tekan pelan-pelan tisu di permukaan bibir setelah selesai mengoleskan creamy lipstick.

Lip Tint/Lip Stain

Perbedaan mendasar lip tint/lip stain dengan jenis lipstik lainnya terletak pada kandungan bahan yang digunakan. Jika jenis produk lipstik lainnya mengandung lilin, lip tint/lip stain justru tidak mengandung lilin sama sekali di dalamnya. Ada juga lip tint yang bentuknya menyerupai lip balm dan biasa disebut tinted lip balm. Bahan utama untuk membuat lip tint/lip stain, yaitu air, alkohol dan gel, tanpa dicampur lilin atau minyak.

Itulah mengapa lip tint membuat bibir jadi lebih mudah kering dibandingkan jenis lipstik lainnya. Maka dari itu, lip tint biasanya diaplikasikan setelah penggunaan lip balm. Meskipun begitu, lip tint tetap menjadi favorit karena warnanya yang bertahan lebih lama.

Frosty Lipstick

Frosty lipstick merupakan lipstik bertabur shimmer yang melimpah dan mempunyai tekstur yang creamy. Ketika dioleskan di atas bibir, lipstik satu ini akan melapisi bibir Anda dengan nuansa keperakan dan segar yang pada dasarnya tidak selalu cocok untuk dipakai semua orang. Mungkin itu sebabnya frosty lipstick tidak mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, meskipun sempat berjaya di tahun 80-an.

Apakah Anda ingin mencoba frosty lipstick? Gunakan frosty lipstick di acara pesta kostum. Jangan lupa oleskan lip balm terlebih dahulu.

Kesimpulannya, penting sekali untuk menggunakan pelembab bibir atau menggunakan lipstik yang mengandung pelembab di dalamnya. Selain itu, pilihlah jenis-jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan bibir Anda. Perhatikan selalu bahan-bahan yang terkandung pada lipstik sebelum Anda membelinya, apakah mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi atau tidak. Lipstik yang tepat akan memberikan kenyamanan saat Anda menggunakannya.

Jadi apakah kamu sudah mengerti mengenai jenis-jenis lipstik yang ada di pasaran? Yuk share jenis-jenis lipstik yang ada di persediaan kosmetik kamu di bagian comment.