Lipstik Satin merupakan hasil kombinasi antara lipstik matte dengan sheer lipstik. Jenis ini juga biasa disebut lipstik semi matte dan mempunyai tekstur lembap. Warna lipstik satin bisa saja terlihat pekat, tetapi saat dioleskan ke bibir justru akan terasa tipis dan lembut. Selain itu, lipstik satin juga memberikan efek kilap tanpa kesan minyak setelah diaplikasikan pada bibir, layaknya kain satin.

Apa Saja Kelebihan Lipstik Satin?

Kelebihan utama yang dimiliki lipstik satin adalah sifatnya yang tidak mengeringkan bibir. Sebaliknya, bibir akan terasa lembap dan ringan. Anda tidak perlu mengoleskan lipbalm terlebih dahulu sebagaimana ketika hendak menggunakan lipstik matte.

Meskipun mengandung banyak pelembap, tetapi lipstik satin tidak menimbulkan kesan basah yang berlebihan setelah digunakan. Sebagai tipe soft matte, lipstik satin berisikan campuran lipstik matte dengan kandungan emolien sehingga dapat mengontrol shine atau kilap. Hasilnya justru tampak seperti lipstik matte dengan daya tahan sekitar empat jam.

Kelemahan Lipstik Satin

Kekurangan lipstik yang mengandung minyak adalah Anda harus terus mengaplikasikannya berulang-ulang karena mudah terhapus. Pengaplikasiannya pun butuh alat bantu jika ingin pulasan warnanya lebih cepat rata dan rapi. Memiliki staying power yang kurang atau tidak tahan lama, lipstik satin cepat pudar ketika terkena makanan dan minuman. 

Kekurangan lainnya, beberapa jenis lipstik satin bertekstur berat di bibir. Namun, hal ini dapat dihindari selama Anda memilih lipstik satin yang tepat.

Jenis Kemasan Lipstik Satin

Lipstik satin yang bertekstur lembut ini biasa dikemas dalam bentuk stik atau cair (liquid) dan tersedia dalam banyak pilihan warna. Lipstik satin mampu menutupi bibir Anda dengan sempurna tanpa menimbulkan efek kilap yang berminyak. Bagi Anda yang tidak ingin bibir terlihat penuh, lipstik satin berbentuk stik bisa jadi pilihan utama.

Adapun lipstik satin dalam kemasan cair, cenderung memiliki tekstur creamy yang akan memberikan efek bibir terlihat lebih tebal dari biasanya. Lipstik cair cocok untuk Anda yang menginginkan hasil pigmented pada bibir Anda.

Perbedaan Lipstik Satin dengan Lipstik Matte

Lipstik matte cenderung memberikan hasil yang terlihat kering pada bibir dan tanpa kilap sama sekali. Hal ini disebabkan kandungan minyak yang hanya sedikit pada lipstik matte. Tentu saja berbeda dengan lipstik satin yang memiliki kandungan minyak dan pelembap yang cukup baik di dalamnya.

Lipstik matte bisa memperjelas garis-garis pada bibir dan dapat mengganggu penampilan. Sebaliknya, pulasan lipstik satin terlihat mulus di bibir sehingga jauh dari kesan pecah-pecah.

Lipstik matte juga dapat membuat bibir terkesan berukuran kecil. Apakah Anda ingin tetap memakai lipstik matte demi mendapatkan efek tersebut? Jika iya, Anda harus telaten untuk merawat bibir demi mengurangi kondisi bibir pecah-pecah. Caranya, cukup dengan mengoleskan madu pada bibir setiap malam sebelum tidur.

 

Kelebihan dan Kekurangan Lipstik Matte

Lipstik matte cocok digunakan oleh wanita pemilik bibir berukuran tebal dan lebar. Satu lagi kelebihan dari lipstik matte adalah sifatnya yang tidak lengket dan tidak mudah menempel pada benda-benda yang tersentuh oleh bibir, sehingga membuat pemakaiannya lebih tahan lama daripada lipstik satin. Namun, lipstik matte tidak disarankan bagi Anda yang mempunyai bibir mudah pecah-pecah. Pemakaiannya hanya akan memperburuk kondisi bibir Anda.

Bisa dibilang, kekurangan lipstik matte adalah tidak praktis. Anda sebaiknya selalu mengoleskan lipbalm terlebih dahulu, kemudiannya mendiamkannya selama beberapa menit—sebelum memakai lipstik matte—agar formulanya meresap di bibir.  Tujuannya agar bibir tetap terhidrasi.

Kekurangan lainnya dari lipstik matte adalah tidak mudah untuk membersihkannya, berhubung  sifatnya yang kering dan lengket di bibir. Jika sisa-sisa lipstik tertinggal di garis bibir dan mengendap seharian, tentu tidak akan baik bagi kesehatan bibir Anda.

Kandungan Bahan Utama dalam Lipstik Satin

Ada beberapa kandungan bahan utama dalam lipstik satin, yaitu minyak, lilin, lemak, dan zat warna. Bahan minyak yang terkandung di dalam lipstik satin harus dapat memberikan kelembutan, kilauan, dan mempunyai fungsi sebagai medium pendispersi zat warna. Minyak yang sering digunakan adalah minyak yang berasal dari bahan alami, seperti minyak nabati dan mineral.

Lilin berfungsi sebagai penguat struktur batang lipstik agar tetap padat meskipun dalam kondisi panas. Sementara itu, bahan lemak berfungsi mengurangi efek berembun dan pecah pada lipstik, serta menghasilkan tekstur yang lembut. Zat warna, sesuai dengan namanya, berfungsi memberikan warna pada lipstik satin. Keempat bahan utama ini kemudian menghasilkan satu produk lipstik satin yang nyaman dan aman digunakan pada bibir wanita.

Lipstik satin cocok untuk semua wanita dari berbagai kalangan usia, baik wanita muda maupun ibu rumah tangga. Anda hanya perlu menyesuaikan warna lipstik satin yang tepat dengan acara yang harus Anda datangi. Jika bisa tampil dengan bibir memukau dan sehat, kenapa tidak?