Dengan beragam jenis dan berbagai palet warna yang tersedia, memilih lipstik terbaik dirasa sulit bagi sebagian orang. Jangan bingung atau khawatir dulu. Pertimbangkan tujuh hal di bawah ini agar Anda bisa lebih mudah memilih lipstik untuk menciptakan penampilan terbaik.

Anda tidak boleh sembarangan saja dalam memilih warna-warna lipstik yang akan digunakan. Jika Anda salah memilih warna lipstik, hasil riasan bisa jadi tidak sesuai yang diharapkan. Nah, di bawah ini disajikan beberapa tips bagaimana memilih warna lipstik yang cocok untuk ukuran dan warna bibir Anda, Ladies..

Sesuaikan dengan warna kulit

Warna lipstik yang dipilih dan dipakai harus disesuaikan dengan warna kulit yang Anda miliki. Pemilihan warna lipstik yang tidak sesuai dengan warna kulit justru bisa meredupkan penampilan.

Kenali dulu warna kulit Anda: terang, sedang, atau cenderung gelap? Jika Anda memiliki warna kulit terang, lipstik berwarna lembut dan sedikit redup seperti peach pink, merah tua dan cokelat emas lebih cocok dipilih. Hindari warna-warna terang seperti pink cerah agar tidak bertabrakan dengan warna kulit Anda yang sudah terang.

Warna kulit sedang cocok dengan lipstik berwarna pink dan merah. Warna lipstik yang harus dihindari oleh Anda yang memiliki warna kulit medium atau sedang adalah cokelat pucat.

Sementara jika warna kulit Anda termasuk gelap, Anda bebas memilih warna lipstik apapun, terutama warna merah muda yang lembut. Meski begitu, warna merah tua atau merah keunguan tidak cocok dipadankan dengan kulit warna kulit gelap..

Jenis lipstik yang tepat untuk jenis bibir

Selain mempertimbangkan warna kulit, Anda juga harus memperhatikan jenis bibir Anda saat memilih lipstik terbaik. Anda yang memiliki kulit normal bisa memilih tekstur lipstik manapun. Namun jika bibir Anda tergolong kering, sebaiknya Anda tidak menggunakan lipstik matte atau lipstik berefek shimmer.

Lipstik matte dan shimmer memiliki tekstur yang kering sehingga akan terlihat pecah di bibir saat dipakai dalam waktu lama. Pilihlah lipstik berjenis cream karena lipstik jenis ini mengandung lebih banyak pelembap yang dibutuhkan bibir kering Anda.

Bibir tipis atau tebal, pilihlah lipstik yang sepadan

Bentuk bibir mungil nan tipis memiliki kesan manis, sedangkan bibir tebal dan terlihat penuh menciptakan kesan menggoda. Kedua bentuk bibir tersebut perlu dipadankan dengan pilihan warna dan tekstur lipstik yang sesuai.

Untuk menciptakan bibir yang terlihat mungil, goreskan warna-warna gelap dari lipstik bertekstur lembut. Sementara jika Anda ingin menambah volume bibir supaya terlihat lebih penuh, pilihlah lipstik yang memiliki efek berkilau, glossy atau shimmery dengan sapuan warna yang lebih terang.

Agar lebih aman dan sehat, utamakan lipstik yang berbahan natural

Bukan hanya sekadar cantik, makeup yang Anda pilih haruslah aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kini tersedia jenis lipstik berbahan natural yang memiliki kandungan alami menyehatkan sehingga tidak menyebabkan alergi, terutama bagi Anda yang memiliki bibir sensitif.

Hindari lipstik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Untuk mengecek apakah terkandung bahan kimia berbahaya di dalam lipstik Anda, lakukan tes sederhana berikut:

Oleskan lipstik pada pergelangan tangan, kemudian gosok permukaan yang diolesi lipstik dengan gelang atau cincin emas. Jika warna lipstik berubah menjadi kehitaman setelah digosok, maka dapat dipastikan lipstik tersebut memiliki kandungan berbahaya. Jangan membeli, apalagi memakainya.

 

Pilih lipstik dengan apik sebelum membelinya

Cobalah terlebih dahulu lipstik yang akan Anda beli. Jangan memulaskannya langsung pada bibir karena tester lipstik yang dipamerkan bisa mengandung bakteri.

Goreskan lipstik pada ujung jari. Dibandingkan dengan punggung tangan, ujung jari memiliki tekstur dan warna kulit yang mirip dengan bibir, sehingga Anda pun bisa lebih mudah menentukan warna yang terbaik

Jika Anda mencoba banyak pilihan warna, jangan lupa untuk membersihkan warna lipstik lama sebelum mengoleskan yang baru. Anda juga harus mencobanya di tempat dengan penerangan yang baik.

Konsultasikanlah atau tanyakanlah pendapat penjaga toko kecantikan yang Anda datangi, sehingga Anda bisa menentukan pilihan lipstik terbaik.

Padankan warna lipstik dengan keseluruhan penampilan

Warna lipstik juga perlu disesuaikan dengan penampilan Anda secara keseluruhan. Aturan utamanya: jangan memilih lipstik yang warnanya persis sama dengan warna baju. Bukannya menambah cantik, hal tersebut malah bisa membuat penampilan terlihat berlebihan.

Pemilihan warna lipstik bisa dipadankan dengan jenis pakaian yang Anda kenakan. Lipstik nude cocok dikenakan bersama busana kasual. Warna merah dapat dipadankan dengan busana yang lebih sederhana. Warna-warna gelap serasi dengan pakaian berwarna netral untuk acara formal. Sementara untuk tampilan sehari-hari, pink menjadi pilihan warna yang aman.

Jangan takut mencoba goresan warna yang berbeda

Sesekali, tak ada salahnya mengeksplorasi warna berbeda untuk bibir Anda. Goreskan berbagai sapuan warna dari terang ke gelap, dari warna-warna lembut ke warna yang lebih berani. Siapa tahu ketika bereksplorasi sendiri, Anda bisa menemukan lipstik terbaik yang membuat Anda semakin percaya diri.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih lipstik terbaik. Kalau sudah tahu panduannya, memilih lipstik yang tepat tidak lagi membingungkan, bukan?