Kebanyakan wanita pasti menginginkan riasan wajah yang tahan lama dan tidak mudah pudar. Sapuan rona merah pada bibir menjadi salah satu riasan yang diharapkan tidak mudah luntur dalam keadaan apapun.

Nah, jika tidak ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengulang polesan lipstik di bibir Anda, lipstik kiss proof bisa menjadi solusinya. Dan lima langkah mudah tentang cara pakai lipstik kiss proof berikut ini, bisa Anda ikuti untuk mendapatkan riasan bibir yang menawan.

Anda hanya memerlukan beberapa alat makeup lain seperti alas lipstik, lip liner, lip stain, dan lip highlighter. Dengan pemakaian yang tepat, lipstik Anda akan lebih tahan lama digunakan dan warnanya pun tidak cepat pudar—meski digunakan untuk makan, minum, atau berkegiatan lain.

So, ladies, siap untuk tahu lebih jauh tentang cara pakai lipstik kiss proof? Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah pertama: Lembapkan bibir dengan alas bibir

Sebelum mulai memoleskan lipstik dengan warna favorit, pakailah alas lipstik terlebih dahulu menggunakan jari. Alas lipstik mampu menjaga bibir Anda tetap lembap.

Bibir yang kering, jika diaplikasikan lipstik dalam jangka waktu lama bisa menjadi pecah-pecah dan terkelupas. Hal ini tentunya dapat mengurangi keindahan penampilan Anda.

Pemakaian alas bibir sebagai dasar riasan akan menghasilkan permukaan bibir yang halus dan mengilap, sehingga tampak indah dilihat ketika lipstik disapukan.

Langkah Kedua: Goreskan lip liner

Untuk menciptakan dasar yang kuat di permukaan bibir dan agar warna lipstiknya bisa melekat lebih lama, Anda bisa menggunakan lip liner dengan warna netral atau yang senada dengan lipstik Anda. Tidak hanya itu, lip liner juga menambahkan kesan natural yang tidak bertabrakan dengan warna asli bibir.

Lip liner yang diaplikasikan di sepanjang garis bibir berfungsi sebagai penghambat jalan sapuan lipstik yang berlebih. Produk kecantikan ini akan membuat warna bibir tetap di tempatnya, tidak melenceng atau keluar dari garis bibir Anda.

Langkah Ketiga: Lapisi dengan lip stain

Lip stain memiliki sifat yang lebih tahan lama daripada lipstik standar yang biasa digunakan. Dengan memakai lip stain sebelum polesan lipstik, Anda tidak perlu khawatir warnanya akan cepat memudar, sehingga Anda tidak perlu memoleskan lipstik berkali-kali.

Lapisan lip stain yang dibubuhkan—secara tipis—akan membantu Anda mendapatkan lipstik yang tidak lekas luntur. Sama halnya seperti lip liner, Anda harus memilih lip stain dengan warna netral atau senada dengan warna lipstik yang akan dipakai.

Langkah Keempat: Keringkan lipstik

Sekarang saatnya Anda memoleskan lipstik utama. Untuk membuat warnanya lebih tahan lama, sapukan lipstik menjadi dua lapisan dengan menggunakan teknik memulas, mengeringkan, lalu memulas kembali.

Mengeringkan lipstik di antara pemakaian dua lapisan lipstik tidak hanya akan merapikan sisa produk lipstik, namun juga akan membuat lapisan lipstik pertama lebih melekat pada permukaan bibir.

Teknik apply-blot-repeat ini dapat dilakukan dengan tiga langkah sederhana. Mula-mula, sapukan lapisan lipstik yang pertama. Setelah itu, letakkan sehelai tisu di antara bibir, lalu tekan perlahan hingga tisu menyerap warna lipstik.

Selanjutnya, pulaskan lapisan kedua, dan… tada! Setelah sapuan lipstik yang kedua, Anda sudah mendapatkan warna lipstik kiss proof yang tahan lama.

 

Langkah Kelima: Gunakan highlighter untuk mempertegas garis bibir

Langkah terakhir ini dipusatkan pada bagian garis bibir atas yang diberi sebutan Cupid’s Bow. Anda pasti familier dengan Cupid, sang dewa cinta dalam mitologi Romawi. Dewa berwujud bayi ini dikisahkan selalu membawa busur dan anak panah untuk menyatukan sepasang manusia agar mereka tertarik satu sama lain.

Lengkungan di bibir bagian atas yang menyerupai busur Cupid dianggap menjadi daya tarik yang perlu ditonjolkan. Anda bisa menggunakan lip highlighter untuk mempertegas bagian bibir atas tersebut. Selain itu, highlighter juga bisa diaplikasikan pada bagian tengah bibir bawah.

Langkah tambahan:

Bubuhkan lip balm bila perlu. Langkah ini opsional bagi Anda dengan kulit bibir normal, tetapi diharuskan bagi Anda yang memiliki jenis bibir kering.

Lip balm bisa Anda oleskan setelah kelima langkah di atas selesai dilakukan. Penggunaan lip balm bersamaan dengan alas lipstik yang disapukan di awal akan membuat riasan bibir Anda tetap terjaga tanpa perlu khawatir mengurangi kelembapan bibir.

Bagaimana, Sudah tahu kan cara pakai lipstik kiss proof yang benar sehingga awet dan lebih tahan lama? Sebelum mulai menghadap cermin dan merias bibir, ada satu pesan penting dari Tiffany Hall-Scarmana, seorang makeup artist khusus selebritis. Katanya, treat your lips like a blank canvas! Anggaplah bibir Anda seperti kanvas, siap dipulas dengan warna yang tahan lama. Siap mencoba?