Lipstik merupakan salah satu komponen make up yang penting karena akan menyempurnakan penampilan seorang wanita. Memakai lipstik bukan saja membuat wajah seseorang tampak bercahaya, tetapi bisa turut mencerahkan warna mata dan gigi. Tak hanya soal penampilan saja, memakai lipstik juga dapat membuat pemakainya tampil lebih percaya diri di setiap suasana.

Kendala yang sering dijumpai, pulasan lipstik pada bibir bisa luntur terutama setelah makan dan minum atau saat berolahraga. Akibatnya, Anda harus sering memeriksa tampilan lipstik dan memulasnya lagi. Banyak perempuan bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan lipstik yang tahan lama dan tidak luntur dari merek terkenal. 

Namun ternyata, memiliki lipstik mahal bukan berarti juga akan tahan lama. Bila tidak melalui tahap persiapan yang matang, lipstik mahal pun bisa cepat luntur. Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk membuat pulasan lipstik yang tahan lama dan tidak cepat luntur.

Bebas Kulit Mati

Untuk mendapatkan pulasan lipstik yang tahan lama dan tidak luntur, bibir Anda harus bebas dari kulit mati yang menempel. Tekstur bibir yang halus membuat lipstik bisa tahan lebih lama.

Untuk membersihkan kulit mati, Anda bisa menggunakan scrub bibir yang banyak dijual di toko kosmetik. Anda juga bisa membuat scrub bibir sendiri agar lebih hemat di kantong. Misalnya menggunakan campuran gula dan madu atau gel lidah buaya.

Jagalah Kebersihan Bibir

Agar lipstik bisa bertahan lama, pastikan bibir Anda tetap bersih dari berbagai kotoran. Misalnya, minyak dari sisa makanan atau minyak dari wajah Anda. Bersihkan bibir Anda dengan sabun wajah berbahan lembut atau dengan kapas yang telah dibasahi air hangat.

Aplikasikan Pelembap Bibir

Sebelum memakai lipstik, sangat dianjurkan untuk memakai pelembap bibir terlebih dahulu. Langkah ini wajib dilakukan agar kulit bibir Anda menjadi semakin halus dan lembap. Pilihlah jenis lip balm yang mengandung bahan-bahan alami sehingga aman bagi bibir.

Setelah memakainya, jangan langsung mengaplikasikan lipstik ke bibir. Tunggulah beberapa saat agar kelembapannya meresap terlebih dahulu. Kemudian, bersihkan lip balm dengan cara menekan-nekan tisu secara lembut ke bibir. Ini dimaksudkan agar lipstik dapat menempel sempurna.

Gunakan Foundation pada Bibir

Mungkin terlihat aneh, tapi menggunakan foundation wajah bisa membuat Anda mendapatkan lipstik yang tahan lama dan tidak luntur. Aplikasikan dengan cara menepuk-nepuk lembut bibir menggunakan spons yang telah dilumuri foundation. Hindari memulasnya dengan jari di sepanjang bibir karena justru akan merusak tatanan lipstik. Pemakaian foundation sangat membantu bagi mereka yang berkulit gelap untuk menonjolkan warna lipstik sebenarnya.

Pakai Juga Lip Liner

Jangan sepelekan fungsi lip liner atau pensil bibir. Alat ini bisa membantu Anda mengunci warna lipstik agar tahan lebih lama. Gunakan lip liner setelah menggunakan foundation dan pilihlah yang berwarna senada dengan lipstik yang akan dipakai. Lip liner juga akan membantu polesan lipstik Anda lebih merata ke semua sudut bibir.

Pilih Lipstik Jenis Satin

Meskipun lipstik matte sedang naik daun, tak selamanya mudah diaplikasikan terutama bagi Anda yang memiliki bibir cenderung kering. Lebih baik pilihlah lipstik jenis satin yang kaya akan bahan alami untuk melembapkan bibir seperti shea butter, bee wax, atau vitamin E.

Dengan menggunakan lipstik ini, warna bibir Anda terlihat sempurna tanpa menimbulkan efek mengilap berlebihan. Hasil akhir yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan lipstik jenis ini yakni bibir terlihat lembut dan berkilau layaknya kain satin.

Selain itu, lipstik satin sifatnya tidak lengket dan tidak mudah hilang sehingga Anda tidak perlu mengaplikasikannya secara berulang-ulang. Namun, jenis lipstik ini kurang cocok bagi Anda yang memiliki bentuk bibir tebal dan lebar, sebab penggunaan lipstik ini akan memberikan efek semakin penuh pada bibir.

Jangan Salah Pilih Merek

Merek dan harga memang tidak bisa menipu. Merek yang jelas dan sudah teruji kualitasnya memang menjanjikan lipstik yang lebih tahan lama di bibir. Tak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk itu. Jangan tergoda dengan merek abal-abal yang menawarkan harga murah. Bisa-bisa, bibir Anda menjadi kering dan pecah-pecah karena kandungan bahannya tidak aman.

Tentukan Warna yang Tepat

Warna lipstik juga akan berpengaruh terhadap berapa lama ulasan lipstik akan bertahan pada bibir Anda. Biasanya, warna-warna lipstik yang terang cepat memudar. Sementara warna yang lebih gelap mengandung banyak pigmen, jadi akan lebih bertahan lama di bibir Anda.

Perhatikan Aktivitas Anda

Untuk mendapatkan lipstik yang tahan lama dan tidak luntur, Anda juga harus memperhatikan perilaku saat sedang berada dalam sebuah acara. Misalnya, saat ingin menegak minuman, jangan langsung menempelkan bibir ke gelas. Gunakanlah sedotan agak lipstik tidak mudah terhapus.

Itulah beberapa cara membuat lipstik bertahan lama di bibir. Semoga bermanfaat.