Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk pergi ke toilet dan memperbaiki kembali riasan lipstik di depan kaca? Sementara momen penting dalam perhelatan besar terlewatkan begitu saja karena Anda terlampau sibuk mengulas kembali lipstik yang pudar akibat santapan kue atau hidangan lainnya. Sangat melelahkan tentunya hanya membayangkannya saja, apalagi harus selalu kembali mengulas lipstik yang sudah memudar di bibir.

Lipstik Anda akan selalu menempel dan berpindah ke mana pun bibir Anda menjejak di makanan, gelas, atau sendok karena aktivitas bibir tidak hanya sekadar berbicara dan tersenyum. Tidak mengherankan jika lipstik termasuk salah satu alat make-up yang paling sulit bertahan baik selama seharian. Bila Anda menginginkan ulasan lipstik yang tahan lama, apa pun merek dan jenisnya, simak dan terapkan lima rahasia sederhana ini sebelum Anda mengaplikasikan lipstik.

Kelupas Bibir

Kelupas bibir Anda secara berkala untuk menjaganya tetap lembut dan lembap. Anda bisa menggunakan lip scrub yang banyak dijual bebas di pasaran dengan berbagai rasa seperti stroberi dan coklat. Bila tidak memiliki lip scrub, Anda bisa memanfaatkan sikat gigi untuk menggosok bagian luar bibir. Gosoklah secara lembut menggunakan sikat gigi yang telah dibasahi dengan sedikit air. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa sakit saat harus mengelupas kulit bibir.

Anda juga bisa membuat scrub alami dan sederhana dari gula yang dicampur dengan madu atau minyak zaitun. Caranya, pijatkan perlahan ke bibir kemudian bilas. Manfaat mengelupas bibir membantu mempersiapkan bibir lebih lembut saat menerima lipstik dan membuat ulasan warna lipstik yang tahan lama.

Lembapkan Bibir

Meskipun lipstik menawarkan ketahanan warna yang cukup lama, jangan terburu-buru memulas lipstik terlebih dahulu. Untuk mencegah memudarnya warna lipstik dari bibir dalam hitungan jam, ulaskan lip balm 10 menit sebelum Anda mengaplikasikan lipstik ke bibir. Hal ini akan membantu bibir terhidrasi sehingga mampu menyerap formula dan warna lipstik secara sempurna. Anda bisa mengganti lip balm dengan beberapa produk lain seperti: vaseline, tender care, dan sejenisnya yang sama-sama berfungsi melembapkan dan tentunya mengandung shea butter dan Vitamin E.

Aplikasikan Lip Liner

Layaknya ketika sebelum menaburkan bedak atau blush on di wajah, alas bedak seperti foundation atau face primer diperlukan untuk membuatnya awet. Hal ini juga berlaku pada lipstik. Jika Anda menginginkan lipstik yang tahan lama, maka gunakan lip liner sebagai alas dasar bibir.

Tentunya terlebih dahulu sesuaikan warna lip liner dengan warna lipstik pilihan Anda. Aplikasikan lip liner ini secara merata ke seluruh bibir. Langkah kecil ini akan memberikan dasar yang bagus di bibir karena lip liner memiliki zat minyak yang akan membuat lipstik melekat lebih lama. Dengan mengaplikasikan lip liner sebelum menggunakan lipstik juga akan membantu warna lipstik menyebar secara merata di bibir dan tidak terlihat meluber.

Keringkan dengan Tisu

Ya, di bagian ini Anda sudah boleh mengulaskan lipstik ke bibir dengan warna-warna cantik pilihan. Namun, setelah itu masih ada lagi hal simpel yang perlu Anda lakukan untuk membuat lipstik tetap terjaga warna dan sensasinya. Keringkan atau tempelkan bibir yang sudah diulas oleh lipstik dengan tisu. Caranya tekan-tekankan tisu ke bibir atau letakkan tisu di antara bibir bawah dan bibir atas lalu katupkan bibir. Jangan disapukan dari kiri ke kanan dan sebaliknya agar riasan bibir tidak rusak.

Proses ini berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih yang berasal dari lipstik pada bibir yang bisa bekerja sebagai penghalang. Minyak yang berlebih ini bila dibiarkan akan menjadi penghalang bagi warna lipstik menyebar secara merata.

Bubuhkan bedak tabur pada Bibir Anda

Cara satu ini dipercaya ampuh untuk membuat lipstik tahan lebih lama hampir seharian. Sentuhan akhir supaya lipstik Anda tidak mudah pudar adalah dengan membubuhkan bedak tabur di bibir yang sudah terulas lipstik dengan sempurna. Caranya adalah siapkan tisu dan pisahkan menjadi dua bagian. Letakkan satu lembar saja di atas bibir lalu taburkan bedak di sisi atas tisu yang tidak menempel di bibir. Anda bisa menggunakan brush yang digunakan untuk mengaplikasikan blush on ke wajah untuk menaburkan bedak.

Mengapa harus bedak? Karena bedak akan meresap ke bibir Anda melalui pori-pori tisu. Trik ini sering dilakukan para make-up artist untuk menjaga tampilan bibir model-modelnya yang harus berjalan mondar-mandir di catwalk selama berjam-jam. Setelah itu ulaskan lagi lipstik telah Anda gunakan tipis saja. Hal ini akan membantu lipstik merata secara lebih sempurna dan tahan lama selama berjam-jam.

Bila Anda sudah melakukan kelima trik di atas, sekarang tersenyumlah di depan kaca. Lihat betapa memesona bibir Anda dengan lipstik yang tahan lama tanpa khawatir akan pudar akibat aktivitas makan dan minum.